Panduan Wisata Korea: Aplikasi Wajib untuk Wisatawan

on in Travel
Foto: Unsplash

Dalam era digital saat ini, berwisata ke negara asing seperti Korea Selatan tidak lagi hanya mengandalkan peta kertas dan buku panduan cetak. Aplikasi mobile telah menjadi teman perjalanan yang tak terpisahkan, memberikan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai aspek, mulai dari navigasi hingga komunikasi. Tentunya, aplikasi ini tidak hanya memberikan kemudahan akses informasi, tetapi juga dalam menyediakan solusi praktis untuk berbagai rintangan yang kerap dihadapi wisatawan. Keberadaan aplikasi-aplikasi khusus ini bisa menjadi kunci untuk menjelajahi Negeri Gingseng ini dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Di bawah ini adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk membantu perjalanan Anda selama berada di Korea:

  1. Seoul Metro dan KakaoMetro: Untuk perjalanan di dalam kota, terutama di Seoul, aplikasi Seoul Metro dan KakaoMetro menjadi salah satu pilihan utama. Keduanya menyediakan informasi terkini tentang jadwal kereta, rute, dan waktu tempuh perjalanan. Aplikasi ini sangat membantu dalam merencanakan perjalanan menggunakan transportasi umum yang cepat dan efisien di Korea.
    Seoul Metro Official Website | KakaoMetro: Google Play, App Store
  2. Kakao T: Aplikasi ini menawarkan layanan pemesanan taksi yang mudah dan cepat. Kakao T sangat berguna bagi wisatawan yang memerlukan transportasi pribadi, khususnya di area yang tidak terjangkau oleh transportasi umum. Kakao T juga menawarkan opsi pembayaran langsung melalui aplikasi, memudahkan transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai.
    KakaoT: Google Play, App Store
  3. Naver Map: Untuk eksplorasi, Naver Map menjadi teman pejalan kaki yang handal. Aplikasi ini menawarkan petunjuk arah yang akurat dan informasi tentang tempat-tempat menarik di sekitar, termasuk restoran, toko, dan juga atraksi wisata.
    Naver Map: Google Play, App Store
  1. Papago: Mengatasi hambatan bahasa adalah tantangan utama dalam perjalanan ke luar negeri. Papago, aplikasi penerjemah dari Naver ini memberikan solusinya. Dengan kemampuan menerjemahkan berbagai bahasa, termasuk bahasa Korea, Papago menjadi alat komunikasi penting yang membantu dalam berinteraksi dengan penduduk lokal atau memahami petunjuk dan rambu-rambu.
    Papago: Google Play, App Store
  2. Naver Dictionary: Selain Papago, Naver Dictionary juga sangat berguna untuk wisatawan yang ingin mempelajari bahasa Korea lebih dalam. Aplikasi ini tidak hanya memberikan terjemahan kata, tetapi juga contoh penggunaannya dalam kalimat, sehingga dapat memberikan pemahaman bahasa yang lebih menyeluruh.
    Naver Dictionary: Google Play, App Store
  1. Airbnb: Ketika mencari penginapan di Korea, Airbnb menjadi pilihan yang sangat populer bagi wisatawan. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari apartemen sederhana hingga hanok, rumah tradisional Korea. Keunggulan Airbnb terletak pada fleksibilitas dan variasi harganya, memungkinkan wisatawan untuk menemukan tempat yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.
    Airbnb: Google Play, App Store
  2. Klook: Untuk merencanakan kegiatan dan wisata, Klook adalah aplikasi yang sangat berguna. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan paket tur, tiket masuk destinasi wisata, dan bahkan pengalaman lokal unik yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Klook memudahkan wisatawan dalam merencanakan jadwal perjalanan mereka dengan praktis.
    Klook: Google Play, App Store
  3. Visit Korea: Sebagai aplikasi resmi dari Korea Tourism Organization, Visit Korea adalah sumber informasi terpercaya untuk semua hal yang berkaitan dengan wisata di Korea. Aplikasi ini menyediakan panduan lengkap mengenai destinasi wisata, festival, dan tips perjalanan yang sangat berguna bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Korea.
    Visit Korea: Google Play, App Store, Official Website
  1. Emergency Ready App: Dalam situasi darurat, aplikasi Emergency Ready App menjadi sangat penting. Aplikasi ini menyediakan informasi tentang nomor darurat, lokasi fasilitas kesehatan terdekat, dan bahkan panduan pertolongan pertama. Mengunduh aplikasi ini adalah langkah penting dalam persiapan perjalanan, terutama untuk menghadapi kondisi tak terduga.
    Emergency Ready App: Google Play, App Store
  2. 1339 Call Center: Untuk kebutuhan kesehatan, 1339 Call Center adalah aplikasi yang harus tersedia di ponsel Anda. Aplikasi ini menyediakan layanan konsultasi kesehatan dalam bahasa Inggris, juga memberikan bantuan dan informasi medis bagi wisatawan asing di Korea. Melalui aplikasi ini, wisatawan dapat dengan mudah mencari bantuan medis dan arahan ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Sebelum memulai perjalanan Anda ke Korea, ada beberapa hal penting yang perlu dipastikan:

  1. Periksa Visa dan Tiket: Pastikan Anda memiliki visa yang valid dan tiket pesawat yang tepat. Proses aplikasi visa bisa memakan waktu, sehingga disarankan untuk mengurus visa jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.
  2. Isi K-ETA: Untuk mempermudah proses masuk ke Korea, isi K-ETA (Korea Electronic Travel Authorization) sebelum berangkat. K-ETA adalah sistem otorisasi perjalanan elektronik yang memudahkan proses pemeriksaan imigrasi bagi wisatawan.
  3. Penggunaan Aplikasi secara Efisien: Pastikan ponsel Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk mengunduh dan menjalankan aplikasi yang dibutuhkan. Juga, pertimbangkan untuk membeli kartu SIM lokal atau paket data roaming untuk akses internet selama berada di Korea.

Perjalanan ke Korea Selatan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan dengan persiapan yang tepat. Dengan bantuan aplikasi yang telah disebutkan di atas, navigasi, komunikasi, hingga pengaturan penginapan dan kegiatan, perjalanan Anda akan menjadi lebih mudah dan efisien. Pastikan juga untuk mengurus dokumen perjalanan seperti visa dan K-ETA sebelum keberangkatan. Dengan pengetahuan dan alat yang tepat, Anda siap untuk menjelajahi keindahan dan keunikan Korea dengan nyaman dan aman. Selamat berwisata dan nikmati setiap momen perjalanan Anda di Korea!