From Zero to Hero : Kisah Ondal

on in History

Fenomena from zero to hero ternyata tidak hanya terjadi di masa kini lho. Di masa Koguryeo, dikenal kisah Ondal, seorang bodoh yang kemudian menjadi jendral yang berani.

Kisah Ondal menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang bodoh dan sering menjadi bahan olokan banyak orang. Pada saat yang sama, hiduplah Putri Pyeonggang di istana. Putri Pyeonggang sering sekali menangis, hingga untuk menenangkannya raja menakut-nakuti bahwa jika terus menangis, putri akan dinikahkan dengan Ondal si bodoh.

Setelah Putri Pyeonggang tumbuh besar dan tiba saatnya untuk menikah, raja dibuat marah. Ini terjadi karena Putri Pyeonggang mengatakan akan menikah dengan Ondal, seperti yang dikatakan kepadanya sejak kecil. Akhirnya Putri Pyeonggang pun keluar dari istana dengan bekal seadanya dan pergi mencari Ondal.

Setelah menemukan tempat tinggal Ondal, Putri Pyeonggang menyatakan niatnya untuk menikahi Ondal. Awalnya Ondal tidak mempercayai hal tersebut, tetapi Putri Pyeonggang meyakinkannya dan mengajari Ondal agar menjadi orang yang lebih baik. Usaha keduanya membuahkan hasil dan raja pun mengakui kemampuan Ondal. Raja pun merestui Ondal dan Putri Pyeonggang.

Dari kisah Ondal ini terdapat sebuah pesan moral yang bisa kita ambil : jika berusaha, yang nampak mustahil pun dapat terwujud ^^

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *