Wisata Urban Seoul : SM TOWN, Seoul Sky, Starfield Library

on in Travel

Day 1 #WKSFamTrip2017

Liat judulnya kamu mungkin mikir ‘apa sih wisata urban’? Simpelnya, wisata di kota. Hihi. Buat kamu yang berwisata ke Korea, hampir dapat dipastikan kamu ingin menjelajah Seoul. Kali ini, kami bakal kasih rekomendasi tempat wisata menarik yang relatif baru dibuka di Seoul. Tempat ini adalah SMTOWN Coex Artium dan Starfield library di COEX Mall dan Seoul Sky di Lotte Tower. Yuk, intip apa saja yang ada di sana!

1. 롯데타워 서울 스카이 Lotte Tower – Seoul Sky

Objek wisata yang satu ini wajib banget kamu kunjungi. Seoul Sky yang baru dibuka pada bulan Apri l 2017 merupakan dek observatori tertinggi ketiga di dunia. Tempat ini terletak di lantai 117-123 Lotte Tower, menara paling tinggi di Seoul.

wisata korea(saungkorea.com)
Gangnam Seoul Sky Lotte Tower photo by Jos Tan

Bukan hanya itu, Seoul Sky dan fasilitas yang melengkapinya juga banyak menyabet Guinnes World Record. Rekor yang dipecahkan adalah ‘observasi dek tertinggi di dunia dengan lantai kaca’, ‘elevator dengan jangkauan jarak terpanjang’, dan ‘elevator double deck tercepat’.

wisata korea(saungkorea.com)
Gangnam Seoul Sky Lotte Tower

Sebelum naik ke observatori, kamu bisa melihat pameran seni di lantai basement 1 dan 2. Pameran ini menampilkan instalasi seni, seni digital, hingga penjelasan tentang sejarah pembangunan Seoul Sky.

wisata korea(saungkorea.com)
Gangnam Seoul Sky Lotte Tower

Saat naik elevator, kamu juga nggak bakal bosan. Ada animasi yang bisa kamu saksikan sampai ke lantai tujuan. Begitu sampai, pemandangan kota Seoul terlihat indah! Kamu bisa melihat Olympic Park dan landmark kota Seoul dengan jelas. Ada game interaktif, toko souvenir, dan kafe yang bikin wisata kamu di sini semakin asyik.

wisata korea(saungkorea.com)
Gangnam Seoul Sky Lotte Tower photo by Jos Tan

Berikut informasi yang bakal berguna bagi kamu yang mau berkunjung, dikutip dari KTO :

☞ Address: 300, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul
☞ Directions: Jamsil Station (Seoul Subway Line 2, 8), Exit 2. Walk approx. 5min.
☞ Operating hours: 09:30-23:00
※ Hours on opening day subject to change
☞ Admission
– General ticket: Adults 27,000 won / Children 24,000 won
– Fast Pass: 50,000 won (Same price applies to all ages)
☞ 1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese)

2. SM TOWN COEX Artium

wisata korea(saungkorea.com)
SM TOWN COEX

‘EXO, SNSD, TVXQ, Red Velvet, NCT, Super Junior, Shinee..‘ kalau disebutin satu persatu artis terkenal dari  SMTOWN, daftarnya bakal terus berlanjut. SMTOWN adalah salah satu agensi hiburan terbesar di Korea. Selain memanaj artis dalam menelurkan album, SMTOWN juga membuka tempat untuk para fans mengapresiasi hasil karya idola sekaligus membeli merch menarik.

wisata korea(saungkorea.com)
SM TOWN COEX

Tempat ini adalah SMTOWN COEX Artium. SM menyebut tempat ini sebagai ‘theme park di tengah kota’. Tiap lantai Artrium punya atraksi yang berbeda. Setelah melintasi welcome zoene di lantai 1, pengunjung disambut oleh SUM Celebrity Shop. Pokoknya fans SMTOWN harus ekstra hati-hati memasuki area ini.

wisata korea(saungkorea.com)
SM TOWN COEX

Sebabnya? bisa masukin barang ke kantong belanjaan tanpa melihat jumlah uang di dompet. Berbagai macam merch dijual di sini. Mulai dari album, foto, tas, hoodie, peralatan makan, hingg hot pack bertema idola. Ini peringatan kedua : hati-hati.

wisata korea(saungkorea.com)
SM TOWN COEX

Di koridor SMTOWN Artrium kamu juga bisa menemukan album dan outfit artis idola kamu dipajang. Ditambah lagi, kamu bisa melihat piala yang didapatkan oleh para artis SM. Memasuki lantai 3, terdapat SMTOWN studio. Di studio ini kamu bakal mendapat gambaran tentang pekerjaan sang idola yang sehari-hari menggunakan studio rekaman, studio MV, studio foto, maupun tempat latihan. Kamu bisa membayangkan pekerjaan idola dan tentunya semakin menghargai usaha mereka dalam menghibur para fans.

wisata korea(saungkorea.com)
SM TOWN COEX

Di lantai 4 terdapat SMTOWN SUM Cafe. Kalau yang dijual di lantai dua adalah merch, di sini kamu bisa beli makanan dan minuman bertema idola. Mau kue kering? Snack? Ada! Ini peringatan ketiga : pikir sekali lagi sebelum menggesek kartu kredit. Kalau sudah memutuskan, lebih baik naik lantai paling atas sebelum tergiur membeli barang lain. Di lantai ini terdapat SMTOWN Theatre. Teater ini dipergunakan untuk berbagai tujuan mulai dari pertunjukan musikal maupun hologram. Terdapat juga media board yang menampilkan video konser artis SMTOWN.

Kamu bisa datang ke tempat ini dengan naik subway line 2 dan turun di stasiun Samsung melalui pintu 5 atau 6. Info lebih lanjut mengenai SMTOWN COEX Artium bisa dlihat di sini.

3. 별마당 도서관(Starfield Library)

wisata korea(saungkorea.com)
Starfield Library COEX

Satu lagi wisata urban baru yang harus kamu kunjungi di Seoul adalah 별마당 도서관 atau Starfield Library. Perpustakaan ini dibuka Mei 2017 di COEX dan merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Shinsegae.

wisata korea(saungkorea.com)
Starfield Library COEX photo from Korea Herald

Ada 50,000 buku di perpustakaan ini. Layaknya perpustakaan umumnya, buku dikategorisasi menurut jenisnya. Kamu bisa memilih dan membaca buku yang kamu suka. Tersedia area baca dan kerja lho! Di mana lagi kamu bisa pilih buku, baca, dan kerja di meja yang nyaman di tengah mall? Kamu mungkin bisa kerja di coffee shop, tapi tentu pilihan buku yang bisa kamu baca di sana sangat terbatas.

wisata korea(saungkorea.com)
Starfield Library COEX Photo from Trip Advisor

Berada di perpustakaan ini nyaman. Kamu bisa lupa waktu, deh! Mungkin karena pemeliharaan perpustakaan ini nggak main-main. Biaya pemeliharaan Starfield Library per tahun adalah lima ratus juta won. Wow.

wisata korea(saungkorea.com)
Starfield Library COEX photo by Jos Tan

Di panggung terbuka perpustakaan juga sering digelar kuliah umum. Hanya saja bahasa yang digunakan adalah bahasa Korea. Tapi nggak ada salahnya buat kamu yang ingin datang dan menikmati suasana perpustakaan modern. Perpustakaan ini buka pukul 11.30 siang hingga 22.00 malam. Info lebih lanjut dapat dilihat di sini.

Nah!

* #WKSFamTrip2017 atau Global Wow Korea Familiarization Trip adalah perjalanan yang disponsori oleh Korean Tourism Organization dan diperuntukkan kepada influencer di seluruh dunia untuk menyebarkan pesona objek wisata di berbagai daerah di Korea, terutama daerah-daerah tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *