Samyang Ramyun Halal Review

on in Food Review
ramyeon halal (saungkorea.com)
Samyang Ramyun Halal

Kalau sebelumnya aku selalu post review noodle soup (cek Halal Shin Ramyun Noodle Gourmet Spicy Soup, Halal Shin Ramyun Noodle Cup, juga Halal Soon Ramyun Review), kali ini aku bakal review 볶음면, atau mie goreng. Kalo nyebut ‘mie samyang’ pasti kebayang ramyeon merah pedas dari Korea. Tapi sebenernya nama produk ini adalah 불닭 볶음면 (buldak bokkeum myeon) alias mie goreng ayam pedas. Mungkin karena produsennya Samyang Foods, jadi orang banyak mengenalnya sebagai ‘mie samyang’ Yuk kita ‘bedah’ Samyang Ramyun Halal!

ramyeon halal
WARNING!

Produk Samyang Ramyun ini sudah cukup dikenal di Indonesia. Tak jarang kita lihat produk ini di toko atau online shop. Hanya saja sayangnya seringkali tidak ditemukan logo halal pada kemasannya. Setelah mencari, ketemu juga Samyang Ramyun Halal dengan sertifikasi dari KMF (Korea Muslim Federation).

ramyeon halal
Kemasan Samyang Ramyun Halal

Seperti produk lainnya, di bagian belakang ada nutrition facts, cara penyajian, bahan-bahan, dan informasi umum tentang produk. 

shin ramyeon halal (saungkorea.com)
Samyang Ramyun Halal

Setelah dibuka, ada bumbu (liquid) dan campuran biji wijen plus taburan kering dan bumbu. Sekadar informasi hubunganku dengan makanan pedas selama ini tidak begitu baik. Jadi beli produk dan nyoba makan ini merupakan sebuah tantangan. Sambil masak samyang ramyun halal sambil berdoa supaya bisa selamat (insert thrilling music) lol.

ramyeon halal (saungkorea.com)
Samyang Ramyun Halal

Ini penampakan setelah ramyun dihidangkan. Plus telor ceplok buat sumber protein. Hmm~ Warna ramyun-nya merah menyala. Tebalnya cukup dan teksturnya cukup kenyal. Aromanya udah menunjukkan ‘gelagat’ pedas. Nah tinggal rasanya. The moment of truth..

Satu suap ditelan. “I think I can handle this”. Suapan kedua “Hmm.. it is pretty spicy”. Suapan ketiga “Wow”. Setelah mengalami ini aku istirahat (?) Sarannya adalah saat makan ramyun ini, makanlah dengan ditemani es krim atau susu dingin. Jangan minum teh panas, apalagi kalo makannya di 찜질방 (jjimjilbang) atau sauna sambil pake coat.

ramyun halal korea (saungkorea.com)
Makan ramyun di Sauna

Rasa pedas ramyun ini terasa banget di lidah. Tapi setelah kamu berhenti makan, rasa pedasnya hilang. Pada saat itu kamu bisa makan lagi, kepedesan lagi, berhenti lagi, makan lagi. Hehe. Meskipun pedas, rasanya enak dan menantang kamu buat habisin semuanya. Tapi semakin lama kamu bakal semakin terbiasa dengan rasa pedasnya, kok.

Terus terang rasa pedas di ramyun ini dominan dan ‘menutup’ rasa lainnya. Ada rasa gurih, tapi aku nggak ingat apa ada rasa manis di ramyun ini. Meskipun begitu, mengingat memang produk dipasarkan dengan klaim rasanya yang pedas, memang sudah tepat. Buat kamu yang suka makanan pedas, mungkin ramyun ini bakal jadi ramyun favorit. Buat kamu yang nggak tahan pedas tapi penasaran sama rasanya, kamu bisa berbagi dengan teman saat coba mie ini  ^^

That’s it! Have you ever tried this ramyeon? Do you have any opinion about it?  Share the article to your K-fan friends. They might want to try this ramyeon~~

One Response to “Samyang Ramyun Halal Review”

    • Selalu cek kemasan ya. Nggak bisa diklaim ‘semua halal’ atau ‘semua tidak halal’. Karena ada yang produksinya halal dan ada yang tidak. Dan yang sudah disertifikasi berarti halal. Samyang yang ini sudah diklaim halal oleh KMF. Sebelum beli cek kemasan ya 🙂

      Reply to saungkorea

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *