Rekomendasi Tempat Hunting Foto di Seoul Untuk Penggemar Fotografi

on in Travel

Ada banyak alasan kita berwisata. Untuk refreshing, mencari pengalaman dan pengetahuan baru, juga foto-foto. Untuk kamu yang suka fotografi, berikut adalah rekomendasi tempat hunting foto menarik di kota Seoul.

1. Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Design Plaza (sumber foto : visitseoul.net)

Dongdaemun Design Plaza atau DDP, adalah salah satu landmark kota Seoul yang diresmikan pada tahun 2014. DDP merupakan kompleks berbagai kegiatan budaya diselenggarakan. Mulai dari pameran karya seni, pameran koleksi museum, pasar seni, hingga penyelenggaraan acara tahunan seperti Seoul Fashion Week.

LED Rose Garden di DDP Seoul (sumber foto : visitseoul.net)

Karena bentuk bangunan yang unik dan banyaknya aktivitas seni di DDP, tempat ini cocok untuk hunting foto arsitektur dan human interest.

💡 TIP : Datanglah pada waktu menjelang senja. Tak hanya menangkap pesona DDP saat golden hour, di malam hari terdapat LED Rose Garden yang menyala dengan cantik. ‘Kebun’ ini adalah instalasi permanen DDP yang bisa kamu lihat sepanjang tahun.

View post on imgur.com

Selain hunting foto, terdapat beberapa objek wisata menarik di sekitar DDP. Sejumlah mall yang menjadi pusat belanja fashion berjejer di seberang DDP. Terdapat pula Hyundai City Outlet Dongdaemun, gedung yang berfungsi sebagai lifestyle mall sekaligus cultural complex. Tak hanya menjual produk fashion, terdapat kafe, bioskop, hingga museum seni di tempat ini.

TempatDongdaemun Design Plaza
Telepon+82-2-2153-0000
FasilitasArt Hall, Museum, Design Lab, Design Market, Dongdaemun History and Culture Park
WebsiteDDP
Alamat 04566 281 Euljiro, Jung-gu, Seoul (Euljiro 7-ga)
TransportasiSubway Line 2,4,5 Dongdaemun History & Culture Park Stn. Exits 1, 10

Bukchon Hanok Village

View post on imgur.com

Bukchon Hanok Village adalah tempat yang kamu cari bila ingin menangkap foto bernuansa Korea. Hanok adalah rumah tradisional Korea dari zaman kerajaan Joseon. Hanok memiliki giwa, atau atap berbentuk khas yang terbuat dari tanah liat. Uniknya, deretan Hanok di sini tak jarang juga menggunakan material modern. Perpaduan elemen lama dan baru menjadi daya tarik rumah-rumah di Bukchon Hanok Village.

View post on imgur.com

Selain istana kerajaan, Bukchon Hanok Village juga sering dipenuhi wisatawan yang berfoto menggunakan Hanbok, pakaian tradisional Korea. Di sekitar area ini terdapat toko penyewaan Hanbok beserta aksesorinya. Tak hanya foto City scape, kamu juga bisa foto portrait dengan latar belakang Hanok.

💡 TIP : Bawalah barang seperlunya untuk berfoto. Jika sebelumnya kamu pergi belanja, titipkan barangmu di loker-loker penitipan atau tinggalkan di penginapan. Area Bukchon Hanok Village yang berbentuk bukit akan membuat kamu cepat lelah jika membawa banyak barang.

View post on imgur.com

Bukchon Hanok Village yang dikelilingi oleh Istana Gyeongbokgung, Istana Changdeokgung, dan Kuil Jongmyo, adalah wilayah pemukiman tenang dengan pesona klasik Korea. Jika kamu ingin merasakan tinggal di Hanok, beberapa rumah di area ini menyewakan kamar untuk turis.

TempatBukchon Hanok Village
Jam OperasionalSenin s/d Sabtu, pukul 10:00-17:00
FasilitasCafe, workshop, museum
WebsiteHanok Seoul
Alamat 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul
서울특별시 종로구 계동길 37 (계동)
TransportasiSubway Line 1 Stasiun Jonggak, jalan kaki 16 menit; atau Bus #1 dari Seoul Station Transfer Center ke Gyeongbokgung, jalan kaki 8 menit

N Seoul Tower

View post on imgur.com

Hotel Del Luna, The Last Empress, MyLove From Another Star, hingga Boys Over Flower pernah menjadikan tempat ini sebagai latar drama. N Seoul Tower merupakan tempat romantis yang banyak dikunjungi oleh pasangan. Alasannya? Di N Seoul Tower terdapat love lock deck, tempat pasangan bisa meninggalkan gembok yang ditulis pesan dan harapan bersama pasangan.

View post on imgur.com

Namun tower ini bukan sekadar tempat berkencan para pasangan. N Seoul Tower banyak didatangi keluarga karena lanskap dari atas tower yang indah. Siang maupun malam, pemandangan Seoul dari sini selalu menarik. Sambil menikmati keindahan kota Seoul, kamu bisa minum kopi di dekat area love lock deck maupun duduk-duduk di area gratis yang telah disediakan pengelola tower.

View post on imgur.com

💡 TIP : Ambil foto dari love lock deck. Dari sini kamu bisa membuat foto panorama pemandangan kota Seoul. Jika memungkinkan bawalah tripod. Namun ingat bahwa tripod hanya diizinkan digunakan di luar observatorium.

View post on imgur.com
TempatN Seoul Tower
Jam Operasional[Observatorium]
Minggu-Jumat: 10:00-23:00
Sabtu: 10:00-24:00
* Masuk terakhir 30 menit sebelum penutupan.
* Jam operasional dapat berubah tergantung pada cuaca atau jadwal subjek.
Telepon+ 82-2-3455-9277, 9288
WebsiteN Seoul Tower
Alamat105, Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul
TransportasiNamsan Circular Shuttle Bus No. 02, 03, 05.
[Kereta gantung] Turun di Stasiun Myeong-dong (Subway Jalur 4) dan Exit 3. Jalan kaki 15 menit ke stasiun kereta gantung.

Seoullo 7017

View post on imgur.com

Sudah pernah dengar Seoullo 7017? Tempat ini adalah jalan layang yang dibangun pada 1970 dan dialihfungsikan sebagai taman pada tahun 2017. Tak hanya taman, saat ini Seoullo 7017 punya fasilitas pusat informasi, toko cinderamata, hingga berbagai kafe di sepanjang taman.

View post on imgur.com

Dari Seoullo 7017, kamu bisa melihat gedung pencakar langit di sisi utara taman. Sementara di sisi selatan, kamu bisa melihat Culture Station Seoul 284, Seoul Station, dan Bus Transfer Center. Foto kamu tak hanya dihiasi tanaman dan suasana taman Seoullo 7017, tetapi juga gedung-gedung perkantoran yang menjadi latar belakang.

View post on imgur.com

💡 TIP : Jika kamu punya filter ND, bawalah filter ini saat hunting di Seoullo 7107 pada sore hari. Kamu bisa menghasilkan efek motion blur pada kendaraan yang bergerak. Efek ini akan menimbulkan kesan dinamis pada foto.

TempatSeoullo 7017
Telepon+82-2-1330
WebsiteSeoullo 7107
Alamat432, Cheongpa-ro, Jung-gu, Seoul
TransportasiSubway Line 1 Seoul Stn. Exit 2

Cheonggyecheon Stream

View post on imgur.com

Selain sungai Han, adakah sungai lain di Korea Selatan? Jawabannya, ada! Cheonggyecheon adalah sungai kecil yang terbentang di tengah kota Seoul sepanjang sebelas kilometer. Dahulu sungai ini tidak terlihat karena dibangun jalan di atasnya. Namun pada tahun 2003, revitalisasi Cheonggyecheon dimulai hingga saat ini memiliki 22 jembatan di sepanjang sungai.

View post on imgur.com

Setiap November, diadakan Seoul Lantern Festival di Cheonggyecheon. Biasanya setiap tahun, festival mengusung tema yang berbeda. Lampion-lampion unik menyala apik di sepanjang sungai saat festival berlangsung. Kamu beruntung bila bisa mengabadikan momen di festival tahunan ini.

View post on imgur.com

Sebagai tambahan, para muslim dan muslimah tidak perlu khawatir jika ingin berlama-lama di Cheonggyecheon. Terdapat musholla di K-Style Hub, pusat informasi wisata di Cheonggyecheon.

💡 TIP : Meskipun Cheonggyecheon menarik dikunjungi baik siang maupun malam, melalui foto, sungai ini terlihat lebih cantik saat malam. Lampu-lampu di sekitar sungai dan lampu gedung pencakar langit membuat foto Cheonggyecheon ‘berwarna’ di malam hari. Gunakan filter CPL untuk mengurangi refleksi air pada foto.

TempatCheonggyecheon Stream
Telepon+82-2-2290-7111
WebsiteCheonggyecheon
AlamatChangsin-dong, Jung-gu, Seoul
TransportasiSubway line 1 : City Hall Station exit 4; jalan kaki 5 menit Subway Line 2: Euljiro 1(il)-ga Stn exit 2, 3; jalan kaki 10 menit.
Subway line 4: Dongdaemun Stn exit 6, 8, jalan kaki 5 menit

Bagaimana? Sudah siap hunting foto di Seoul? Jangan lupa perhatikan tips nya, ya! Selamat foto-foto!

Rekomendasi ini ditulis sebagai bagian dari perjalanan Wow Korea Supporter (WKS) 2019. WKS terdiri blogger dan influencer yang mempromosikan pariwisata Korea di Indonesia.