Liputan Event : Semarang Korea Festival 2016

on in Liputan Khusus
Semarang Korea Festival (saungkorea.com)
Semarang Korea Festival 2016

Semarang Korea Festival (SKF) 2016 diadakan pada tanggal 26 November 2016 di UTC Hotel Semarang. Acara ini diselenggarakan oleh Korea Association Central Java bekerja sama dengan Suara Merdeka, Pemerintah Kota Semarang, dan KOICA dengan tujuan memperkenalkan berbagai macam budaya Korea kepada orang Indonesia.
Ada tiga kategori kompetisi yang dilombakan diacara ini yaitu Singing Competition, Dance Competition dan Hangeul Speech Competition. Selain itu juga ada penampilan kesenian tradisional Korea yaitu Buchaecum, Samulnori, Taekwondo, dan Nanta. Ada juga stand makanan Korea, k-pop merch, bazaar sepatu, tas dan baju, juga photobooth Descendants of The Sun dan hanbok.

Acara dibuka oleh Mr. Kim So Woong selaku Ketua Korea Association Central Java dan Mr. Yoon Joong Gil selaku ketua panitia acara. Dilanjutkan dengan penampilan Samulnori dari KOICA. Kemudian Hangeul Speech Competition dimulai dengan sembilan finalis yang telah mengikuti proses audisi sebelumnya pada 12 November 2016. Peserta Hangeul Speech Competition membawakan presentasi mengenai Korea, seperti pariwisata, makanan, dan kesenian khas Korea. Kategori lomba ini dimenangkan oleh Pramesti Rifna Saputri (juara 1), Isti Nur Rahmahwati (juara 2) dan Rifatun Hasanah (juara 3).

Semarang Korea Festival (saungkorea.com)
Semarang Korea Festival 2016

Setelah peserta Hangeul Speech Competition, Taekwondo menampilkan gerakan – gerakan beladiri dan Kyukpa atau atraksi menendang papan kayu. Acara juga diselingi pengundian doorprize untuk penonton berupa bed cover, sepatu, dan souvenir. Acara dilanjutkan dengan dancing dan singing competition. Para finalis dancing dan singing sompetition terdiri dari 10 grup dance dan 9 penyanyi dari kategori solois/duo/grup. Zhavanya, Sister A, dan Dini Sukmaningtyas keluar sebagai pemenang singing competition, sedangkan pemenang dancing competition adalah Suicide Squad (juara 1), ZIA (juara 2) dan Oxygen (juara 3).

Semarang Korea Festival (saungkorea.com)
Semarang Korea Festival 2016

Selain penampilan dari peserta, SKF 2016 turut mengundang bintang tamu cover dance group WTF dari Bandung. Para penonton antusias melihat penampilan WTF yang menarikan lagu-lagu dari BTS (Bangtan Boys). Penampilan ditutup dengan Buchaecum dan Nanta.

Acara pun diakhiri dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah.Hal lain yang menarik adalah acara ini dimeriahkan oleh flashmob yang diikuti oleh semua peserta. Acara ini sukses diselenggarakan dengan 2000 pentonton yang tak hanya datang dari Semarang, tetapi juga dari kota lainnya. Penonton dan peserta dapat menikmati semarak budaya Korea secara cuma-cuma. Check more snapshots of the event at @semarang_koreafest_2016 atau Fanpage Semarang Korea Festival.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *