Community Of The Month [Oct 15] : Cassiopeia Indonesia

on in Korean Community
cassie indonesia
Cassiopeia Indonesia

Hi K-enthusiast! saungkorea.com mendukung komunitas Korea di Indonesia untuk terus berkembang. Karena hal itulah kita menyajikan section ‘Community of The Month’, yang memberikan kesempatan pada komunitas Korea untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan pencapaian-pencapaiannya.  Kali ini kita ngobrol sama Kha dari Cassiopeia IndonesiaNama Cassiopeia Indonesia mungkin sudah dikenal sebagai tempat kumpul para penggemar TVXQ di Indonesia. Mau tau lebih jauh? Scroll ke bawah ya ^^

Saung Korea (S) : Awal terbentuknya Cassiopeia Indonesia (CI) itu gimana ya? Tahun berapa CI ada?

Kha (K) : Awalnya kita sulit menemukan fanbase besar Cassiopeia yang mau sharing, ngumpul, dan aktif di saat TVXQ sedang pecah. Februari 2011, founder kita, Lia, ingin membentuk fanbase yang masih mendukung TVXQ dengan lima member. Dan fanbase ini punya cabang di kota-kota di Indonesia. Jadi kita merekrut fanbase-fanbase di beberapa provinsi dan menggabungkan dan sama-sama membentuk Cassiopeia Indonesia.

elf indonesia
Sujunesia

S : Wah iya ya setelah TVXQ pecah fans lima member juga terbagi. Kalo begitu saat ini sudah ada berapa kota yang jadi cabang Cassiopeia Indonesia?

Iya. Tapi kita terus dukung TVXQ dan JYJ. Kalo di k-pop istilahnya OT5 fans (all in). Untuk cabang ada 15-17 kota. Ada CassiopeiaNTB, CassiopeiaJatim, Cassiopeia Kendari, CassiePadang, ROC Malang, Cassiopeia Samarinda, TVXQ_INA, Cassiopeia Balikpapan, Cassiopeia Makassar, Cassiopeia Lampung, CassiopeiaJKT, TVXQ5CassiePTK, Cassiopeia Palembang, Cassie_Kalsel, Cassiopeia Semarang, Cassiopeia_Bali, Cassiopeia Manado, Bandung Cassiopeia INA, Cassie_Surabaya, dan CassiopeiaMedan. Mereka partner kita, jadi kalau ada informasi kegiatan di daerah masing-masing kita informasikan di Twitter CI.

S : Lalu kegiatan di CI ngapain aja? Ada yang rutin?

K : Kegiatan rutin kita setiap tahun itu ngerayain event anniversary TVXQ di bulan Desember. Di 2011 kita menetapkan bahwa ada empat event dalam satu tahun. Dari gathering ulang tahun Yunho, Jaejoong, dan Changmin. Lalu di bulan Juni anniversary Tohoshinki (debut TVXQ di Jepang) , bulan September kita adain Mirotic anniversary. Di Desember ada ultah Junsu sekaligus anniversary TVXQ.

Tapi belakangan ini, dari tahun 2013, kita cuma mengadakan event anniversary bulan Desember saja. Soalnya kita juga menyelenggarakan kegiatan amal tiap tahun. Di 2011-2012 kita donasi ke Yayasan Kanker Indonesia. Kita lebih suka ngadain event charity. Makanya akhir-akhir ini event gathering cuma sekali setahun aja. Jadinya beberapa fanbase daerah juga sering ikutan project-project charity di kota masing-masing. Kalau mau lihat info lebih jelas, ada di blog kita di cassindofficial.wordpress.com. Kita ngerasa wajib ngadain charity soalnya kita ga mau cuma ngadain event untuk senang-senang saja. Tapi juga bisa berbagi sama yang membutuhkan.

cassie indonesia
Cassiopeia Indonesia

S : Untuk project yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat apa nih?

K : Bulan Desember ini anniversary 12th TVXQ. Nanti bakal ada infonya di Twitter


S : Kalo sekarang temen-temen ada yg mau ikutan CI, caranya gimana ya?

K : Kalo utk jadi member resmi belum dibuka. Tapi kalo mau sharing dan ngumpul-ngumpul, bisa follow Twitter kita dan join di FB grup kita (Cassiopeia Indonesia)