Community of The Month [Juli 16] : Kpop Cover Singer Indonesia

on in Korean Community
komunitas korea (saungkorea.com
Kpop Cover Singer Indonesia

Hi K-enthusiast! saungkorea.com mendukung komunitas Korea di Indonesia untuk terus berkembang. Karena hal itulah kita menyajikan section ‘Community of The Month’, yang memberikan kesempatan pada komunitas Korea untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan pencapaian-pencapaiannya. Kali ini kita ngobrol sama Retno dari Kpop Cover Singer IndonesiaKpop Cover Singer Indonesia atau yang bisa disingkat dengan KCSI adalah wadah bagi mereka yang suka meng-cover lagu k-pop, baik di sosial media maupun di kompetisi atau event. Yuk, kenalan sama mereka!

Saung Korea (S) : Ceritain dong tujuan dan latar belakang terbentuknya KCSI.

KCSI (K) :  Awal mulanya terbentuknya komunitas ini di tahun 2010, waktu itu founder KCSI (Ninish dan Arie) ikutan acara K-pop World Festival yang diselenggarakan oleh KTO. Setelah event situ terbersit ide untuk membuat KCSI karena pada saat itu (bahkan sampai saat ini) masih jarang komunitas untuk sing cover. Dan kami ingin agar komunitas ini menjadi wadah dan tempat bersilaturahmi  para cover singer di Indonesia.

Tidak hanya berkomunikasi, komunitas ini juga membuat kegiatan yang memungkinkan siapapun untuk bergabung, berbagi ilmu dan pengalaman, serta berbagi info soal gigs cover sing di Jakarta dan sekitarnya. Gak cuma yang udah gabung di fanpage aja yang bisa ikutan seseruan sama KCSI tapi cover sing lainnya juga boleh ikutan gabung. Karena makin banyak orang makin seru hehe.

komunitas korea (saungkorea.com
Kpop Cover Singer Indonesia

S : Kalau begitu sifat keanggotaan komunitas ini terbuka, ya?

K : Siapa aja bisa ikutan komunitas kita, bisa dimulai dengan saling sapa di Twitter atau saling ngobrol di Facebook lalu seseruan deh di acara yg diikutin bareng-bareng. Tapi memang untuk event lomba dan workshop, ada mekanisme pendaftaran. Biasanya ada infonya di sosmed kita (FB, Twitter, Instagram). Jadi sifatnya memang terbuka bagi siapa saja yang mau bergabung. Kita welcome banget! .

S : Event apa aja yang udah pernah diadakan KCSI?

K : Sudah ada tiga event sejak tahun 2015 kemarin. Ada dua lomba cover sing, yaitu Korean cover singer competition yang diadakan di Lotte Mart Fatmawati tanggal 15 Oktober 2015 dan K-Love Parade : Sing With your Heart, yang diadakan di Plaza Semanggi tanggal 14 & 20 Februari 2016. Selain itu kita juga mengadakan Workshop vokal di Lime Light Karaoke.

Untuk Korean Cover Singer Competition (KCSC), itu adalah event tahunan. Setahun sekali diselenggarakan. Sementara workshop yang telah dilaksanakan adalah workshop singkat untuk para kpop cover singer. Pengajarnya founder kita, Raditya Arie dan Willy Aviantara dari Shining Star Academy. Ada dua kelas di workshop kemarin, kelas Newbie (yang baru berkecimpung kurang dari setahun di kpop cover sing) dan Advance (yang sudah berkecimpung lebih dari 1,5 tahun di kpop cover sing). Materinya tentang vocalizing, cara memaksimalkan potensi menyanyi, tips & trik menyanyi termasuk mengenai stage act dan pelafalan bahasa Korea.
.

komunitas korea (saungkorea.com
Kpop Cover Singer Indonesia

S : Untuk selanjutnya ada rencana buat event tertentu?

K : Setelah workshop kemarin ada teman-teman di daerah yang antusias ingin juga diadakan acara sejenis di kotanya. Mengenai hal ini mungkin belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, tetapi semoga di masa depan acara seperti ini bisa diadakan lagi. Kalau event, kita belum ada rencana untuk beberapa waktu ini, karena internal KCSI banyak yang sedang sibuk. Ada yg sibuk di tempat kerja, ada juga yang sudah berumah tangga lho, hihi.

Kita tidak terburu-buru dan selalu berusaha mempersiapkan event maupun project dengan baik dan waktu yang cukup. Perlu dilakukan persiapan yang matang supaya hasilnya pun baik dan jadi sesuatu yang tidak terlupakan buat para peserta.

S : Kasih pesan-pesan dong buat temen-temen yang suka cover lagu kpop ^^

K : Untuk teman teman kpop cover singer di luar sana jangan malu untuk memulai ya, belajar dan belajar terus supaya percaya diri serta percaya pada kemampuan diri sendiri. KCSI terbuka bagi siapa saja kok, kamu bisa mulai dari follow sosmed kita, interaksi disana. Siapa tau dari sana bisa ketemu temen baru, ikutan lomba bareng dan dapet pengalaman yang tak terlupakan. Nantikan event KCSI selanjutnya ya, jangan sampe kelewatan keseruan event event kita 😁😉

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *