Community of The Month [Apr 16] : Homey Korean Language Club Bandung (HKLCB)

on in Korean Community
homey korean club komunitas korea (saungkorea.com
Homey Korean Club Bandung

Hi K-enthusiast! saungkorea.com mendukung komunitas Korea di Indonesia untuk terus berkembang. Karena hal itulah kita menyajikan section ‘Community of The Month’, yang memberikan kesempatan pada komunitas Korea untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan pencapaian-pencapaiannya.
Kali ini kita ngobrol sama Icha dari HKLCBHKLCB yang merupakan singkatan dari Homey Korean Language Club Bandung adalah komunitas yang menaungi mereka di Bandung yang ingin belajar bahasa dan kebudayaan Korea. Yuk kenalan lebih jauh sama mereka!

Saung Korea (S) : Ceritain dong tentang Homey Korean Club. Kapan terbentuknya?

Homey Korean Club (H) :  Homey Korean Language Club Bandung didirikan pada tanggal 1 September 2006 oleh Park Chung-Mo dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa Korea, kebudayaan Korea, serta semangat bangsa Korea kepada masyarakat Indonesia. Pada awal berdirinya, klub ini dinamakan Klub Cita Muda Mudi dengan anggota berjumlah 13 orang (angkatan 1). Kegiatan klub pada saat itu meliputi pembelajaran bahasa Korea dan mengadakan silaturahmi guna menjalin persahabatan dengan mahasiswa Korea yang ada di Bandung dengan cara memperkenalkan kebudayaan Korea dan Indonesia.

Kemudian pada Maret 2007, klub ini mulai menambah anggota baru untuk pertama kalinya. Anggota baru (angkatan 2) ini kemudian disebut sebagai anggota muda. Anggota muda adalah mereka yang belum memenuhi syarat untuk menjadi anggota atau mereka yang baru bergabung dalam klub ini. Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman Park Chung-Mo hingga bulan Agustus 2008. Pada bulan Januari 2008 klub ini berganti nama menjadi Homey Korean Language Club Bandung. Semenjak saat itu kegiatan Homey dilaksanakan di Gedung SMU Nasional Bandung.

Homey Korean Club (saungkorea.com)
Homey Korean Language Club

S : Aktivitas apa saja yang dilakukan di Homey?

H : Untuk kegiatan rutinnya itu setiap minggu (akhir pekan) yaitu Sabtu dan Minggu ada kegiatan belajar mengajar bahasa Korea (pukul 14.00-18.00). Ada juga kegiatan lainnya, seperti ekstrakulikuler. Ada 4 kegiatan unit, Modern Dance, Tradisional Dance, Vocal Group dan Taekwondo. Biasanya kegiatan unit diselenggarakan setiap hari Minggu pukul 11.00-14.00. Selain itu terdapat event-event seperti homestay bersama orang Korea, noraejarang (pentas seni), hakrab (hari keakraban), makrab (malam keakraban), orientasi anggota muda, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan Korea yang ada di Bandung.


S : Saat ini ada berapa anggota Homey?

H : Sekarang (red:April 2016) kami akan melakukan open recruitment angkatan 19, jadi sudah ada 18 angkatan. Member sampai angkatan 18 tercatat sekitar 1000 member lebih.

S : Mengenai perekrutan anggota, apakah ada persyaratan khusus?

H : Minimum usia anggota 15 tahun. Nanti anggota perlu mengisi form online dan mengikuti wawancara. Perekrutan dibuka setiap semester, setelah satu semester kegiatan belajar mengajar selesai.

homey korean language club bandung (saungkorea.com)
Homey Korean Club Bandung

S : Bagaimana sistem belajar yang ada di Homey?

H : Ada level 0 sampai 5 di Homey Korean Club. Kelas diadakan rutin per minggu, satu level selama satu semester. Dalam kelas juga ada aturannya seperti kehadiran dan nilai untuk naik ke kelas selanjutnya. Pendaftaran akan dipungut biaya sebesar 25.000 rupiah, dan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar tidak dipungut biaya, hanya mungkin diperlukan untuk fotokopi bahan belajar.

S : Kasih pesan-pesan dong buat penggemar Korea di Bandung ^^

H : Untuk teman teman yg ingin belajar bahasa serta kebudayaan Korea secara gratis dari orang Korea langsung, bisa daftar di open recruitment Homey bulan depan ya ?

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *