Belajar Hangeul Part 9 : You’re so Special (Pt.IV)

on in Hangeul
belajar membaca hangeul (saungkorea.com)
Belajar Hangeul

Ada yang is-ti-me-wa. Nggak bosen kaan? Jangan dong..karena kita bakal ngomongin tentangaturan pengucapan khusus dalam Hangeul. Dengan kata lain, kalo nyari Hangeul yang dibaca berbeda  dari penulisannya, mereka ada di sini ^^ Yuk langsung ketemuan sama mereka 😛

 

10.) Konsonan final ㅂ + ㄹ

huruf hangeul korea (saungkorea.com)
belajar hangeul : ㅂ+ㄹ

Konsonan final ㅂ kalo ketemu konsonan ㄹ setelahnya, bakal ada bunyi ‘mn’, samar. Buat yang penasaran sama arti kata di atas, sebenernya kata 힙라인 itu bukan dari bahasa Korea asli ya. 힙 atau ‘hip’ itu artinya pinggul, dari bahasa Inggris. Dan 라인 atau ‘rain’ itu sebenarnya dari kata ‘line‘ yang ditulis pake Hangeul. Jadii..힙라인 adalah garis pinggul. Mirip sama istilah V-라인 😀

11.) Konsonan final ㅍ + ㄴ

huruf hangeul korea (saungkorea.com)
belajar hangeul : ㅍ+ㄴ

Nah kalo kamu pernah baca lesson yang ini, kamu tau gimana baca ‘감사합니다’ yang bener. Mirip nih sama aturan baca yang berikut ini. Kalo ㅍ ketemu konsonan ㄴ setelahnya. Bunyi ‘p’ bakal digantikan sama ‘m’.

12.) Konsonan final ㅁ + ㄹ

huruf korea hangeul (saungkorea.com)
belajar hangeul : ㅁ + ㄹ

Nah kalo Hangeul yang ini, rada ‘jauh’ sama penulisan aslinya. Jadi konsonan final ㅁ kalo ketemu ㄹ setelahnya, kan bakal ada bunyi ‘R’, tuh. Tapi bunyi ‘R’ ini digantikan oleh bunyi ‘N’. Contohnya di atas. Bukan dibaca ‘eumryo’, tapi dibaca ‘eumnyo’.

13.) Konsonan final ㄴ + ㄹ

huruf hangeul korea (saungkorea.com)
belajar hangeul : ㄴ+ㄹ

Nah yang ini kondisi dimana konsonan final ㄴ ketemu ㄹ. Bunyi ‘N’ dariㄴ digantikan oleh bunyi ‘L’. 원래 dibaca wollae. Dan artinya adalah ‘biasanya’ atau ‘pada dasarnya’. ‘곤란’ dibaca gollan, artinya ‘masalah’ atau ‘kesulitan’.

 

12.) Konsonan final ㄷ + 이

huruf hangeul korea (saungkorea.com)
belajar hangeul : ㄷ + 이

 

Kalo udah pernah baca penjelasan tentang konsonan final ㅌ di sini, bakal lebih cepet paham. Jadi, kalo ada konsonan final ㄷ ketemu 이, bakal dibaca ‘ji’.

Naah. Hari ini kita udah belajar lima aturan khusus Hangeul. Nah! Kurang apa tuh? Hehe. Semoga bisa bermanfaat yaa. Latihan terus dengan nulis dan baca Hangeul sebanyak-banyaknya. Selamat belajar ^^

2 Responses to “Belajar Hangeul Part 9 : You’re so Special (Pt.IV)”

  1. Min, aku mau nanya, kalo ngga salah ㄷ itu kalo ketemu 이 jadinya ㅈ. Contoh: 미닫이 jadi 미닫지. Yang mana yang bener jadinya?

    Reply to Aisha

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *