Belajar Hangeul Part 8 : You’re so Special (Pt.III)

on in Hangeul
belajar membaca hangeul (saungkorea.com)
Belajar Hangeul

Siap ketemu sama sesuatu yang spesial lagi? Karena banyak yang istimewa, satu atau dua part nggak mampu mencakup semua. Buat kamu yang baru aja gabung di part ini, kita bakal ngomongin aturan pengucapan huruf Hangeul (wait..tadi min bilang huruf?) yang khusus. Atau kita bakal ngomongin Hangeul yang dibacanya beda atau agak berbeda dari penulisannya ^^ Yuk langsung ketemuan sama mereka 😛

 

7.) Konsonan final ㄱ + ㅁ

huruf hangeul (saungkorea.com)
Konsonan final ㄱ

Konsonan final ㄱ kalo ketemu konsonan ㅁ setelahnya, bakal dibaca sebagai ‘ng’, bukan ‘k’. Dan, catet juga hal ini ya.. hal ini juga berlaku kalo konsonan final ㄲ sama ㅋ ketemu konsonan ㅁ. Contohnya? bisa lihat di gambar hehe.

 

8.) Konsonan final ㄱ + ㄴ

huruf hangeul
Konsonan final ㄱ

Ada lagi situasi dimana ‘k’ dibaca  ‘ng’. Yaitu saat ㄱ kalo ketemu konsonan ㄴ setelahnya. Dan lagi, ini juga berlaku kalo konsonan final ㄲ sama ㅋ saat mereka ketemu konsonan ㄴ.

 

8.) Konsonan final ㄹ

huruf hangeul (saungkorea.com)
Konsonan final ㄹ

Dan di atas, kita lagi ngomongin tentang konsonan final ㄹ. Pernah denger lagu 2NE1 yang ‘I Am The Best’? Nah di situ ada potongan lirik ‘내가 제일 잘나가’, buat kamu yang masih bertanya-tanya kenapa dibacanya ‘naega jeil jallaga’, alasannya ada di gambar di atas.

Nah kalo yang di bawah ini mungkin bukan aturan yang ‘spesial’, tapi kita cuma mau ngingetin kamu-kamu yang berniat jadi master Hangeul.

huruf hangeul (saungkorea.com)
Konsonan final ㄹ

Kalo kamu punya konsonan final ㄹ, terus dia ketemu sama konsonan, dia bakal dibaca sebagai ‘L’. Dan kalo dia ketemu sama vokal atau huruf yang berbunyi vokal (dengan kata lain, kalo ketemu ㅎ), dia bakal dibaca ‘R’. Makanya 잘해요, most of the time, dibaca ‘jarhaeyo’. Coba deh lihat kata-kata di bawah ini :

랄라 ralla
올해 orhae
물을 mureul

 

9.) Bunyi ‘t’

huruf hangeul (saungkorea.com)
Bunyi ‘t’

Nah ini yang suka menyebabkan kebingungan para calon Hangeul master. Misalnya “Ih, itu kok dibacanya ‘mat’ sih? Kan harusnya ‘mas’. Ya kan, Mas?”. Atau “Kok ‘kkot’ sih? bukan ‘kkoch’?”.

Whoa..whoa..chill. Santai dulu, dan lihat gambar di atas. Ada list huruf-huruf yang bakal dibaca sebagai ‘t’ kalo mereka jadi konsonan final. Dengan catatan, dia tidak terikat dalam pola tata bahasa tertentu, atau termasuk kata kerja yang sudah terkonjugasi.

Jangan pusing dulu, maksudnya adalah dia kata yang berdiri sendiri. Nggak ada embel-embel lainnya. Nggak ada suku kata lain setelahnya. Kalo kamu perhatiin, liat deh kata ‘kkeut’. Di gambar di atas dia nggak ditemenin sama suku kata lain. Tapi kalo dia setelahnya ketemu sama 이, beda lagi bacanya (min udah post di sini). Terus, kok di atas ada kata 있다? 맞다? Itu karena redaksi kita cuma pengen kata yang kamu baca ada artinya, jadi lebih banyak lagi yang bisa kamu pelajari. Dan hasilnya, tetap dia dibaca ‘t’. Artinya apa? Buka kamusnya..hehehe.

Phew.. kali ini agak panjang ya? Semoga semua ini bisa nambah pengetahuan kamu. Latihan terus dengan nulis dan baca Hangeul sebanyak-banyaknya. Selamat belajar ^^

6 Responses to “Belajar Hangeul Part 8 : You’re so Special (Pt.III)”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *