Belajar Hangeul Part 7 : You’re so Special (Pt.II)

on in Hangeul
belajar membaca hangeul (saungkorea.com)
Belajar Hangeul

Ada lagi yang spesial. Kamu. Dan kamu bakal belajar hal yang spesial dari Hangeul.

Di lesson sebelumnya kita udah belajar gimana kalo konsonan final ㅂ ketemu konsonan ㄴ, aturan khusus konsonan final ㅌ, dan gimana bedanya konsonan final ㅅ dan ㅆ kalo ketemu konsonan juga vokal. Lesson kali ini, bakal beda lagi. So let’s go!

 

4) Konsonan final ㅇ

 Udah tau kan gimana baca konsonan final ㅇ? dibaca ‘ng’. Contohnya buat kata di bawah ini :

belajar hangeul (saungkorea.com)
Final Consonant ㅇ

Tapi bakal beda ceritanya kalo setelah konsonan final ada ㄹ. Bunyi ‘r’ bakal berubah jadi ‘n’. Contohnya ada di bawah yaa :

belajar hangeul (saungkorea.com)
Final Consonant ㅇ + ㄹ

 
5) Konsonan final ㅄ Nah ketemu juga sama konsonan kompleks. Jadi konsonan ini aslinya dibaca ‘ps’.

belajar hangeul (saungkorea.com)
Final Consonant ㅄ

Tapi bagian ‘s’-nya nggak dibaca kalo setelahnya ada konsonan. Dan istimewanya lagi, kalo konsonan final ini ketemu sama ㄴ setelahnya :

belajar hangeul (saungkorea.com)
Final Consonant ㅄ

Bunyi aslinya, ‘ps’, akhirnya berubah bunyi jadi ‘m’. Liat deh kenapa bisa dibaca ‘m’ di atas. Mirip persamaan matematika ya, hehe.
 
6) Konsonan final ㅎ Kalo konsonan final yang ini bikin huruf ㄱ, ㄷ, ㅂ, ㅈ dibaca berbeda. Kalo kamu teliti, kamu bakal ngerasa perbedaannya deh pas nonton drama/denger orang Korea ngomong. Contohnya sekalian ada di gambar ya :

belajar hangeul (saungkorea.com)
Final Consonant ㅎ

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Sedikit-sedikit tambah pengetahuanmu tentang Hangeul, nanti nggak kerasa kamu udah lancar baca tulisnya. Di lesson Hangeul berikutnya, kita masih bakal belajar hal-hal spesial.

Until then, enjoy reading and writing Hangeul by yourself.

Kalo ada yang mau ditanyain kamu bisa e-mail kita ke belajarkoreabersama(at)gmail(dot)com ^^

15 Responses to “Belajar Hangeul Part 7 : You’re so Special (Pt.II)”

  1. Hallo kak salam kenal 🙂 aku seneng belajar hangeul disini, gampang ngerti dan alhamdulillah aku udah bisa baca dan tulis hangeul *yeeeee* ditunggu materi materi lainnya kak.

    Reply to Isma
  2. Ecylluzita

    Annyeong eonni
    Aku suka belajar hangeul, tp aku msh sedikit keliru kalo harus baca hihihi…
    Mksh sebelumnya udh bersedia ngajarin….

    방압타 …,gtu bkan tulisannya…

    Reply to Ecylluzita
  3. annyeong min,
    mau tanya SeungRi (bigbang) kenapa dibacanya seungri ya min?kalo lihat pola hangulnya bukannya harusnya dibaca SeungNi ya?atau emang ada perlakuan khusus buat nama orang min di korea sana?

    gomawo

    Reply to ryan

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *