19 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop

on in Editorial Saung Korea, Entertainment
18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop (saungkorea.com)
Penggemar K-pop (Dok MTV)

 Jadi penggemar K-pop itu ternyata ada prosesnya, yang seringkali nggak dipahami oleh non k-pop fans. Seringkali orang menganggap penggemar k-pop hanya pengikut tren dan tidak rasional. Tapi dibalik itu, kamu sama seperti penggemar musik pada umumnya. Sebagai k-pop fans, kamu mengalami hal-hal ini :

1. Kamu melihat temen-temen kamu dengerin K-pop
Temen-temen kamu dengerin 2NE1, APink, BTS, GOT 7 pas jam istirahat atau pas kalian nongkrong. Sayup-sayup kamu denger dan mulai familiar sama lagu favorit mereka. Kamu mikir ‘kenapa sih dia suka lagu ini? Perasaan biasa aja deh’.

2. Temen ngajak kamu buat lebih mengenal idola mereka.
Dia perdengarkan lagu-lagu karya idolanya ke kamu. Kalo kamu nggak suka, dia bakal berusaha mencari lagu lain dari playlist-nya. Bukan hanya itu. Dia bakal ngajak kamu nonton variety show, drama dimana idola dia jadi salah satu lakon-nya, atau MV-MV dengan resolusi HD.

3. Kamu mulai tertarik sama idola temen kamu.
Tapi kamu masih malu mengakuinya. Walau begitu kamu nggak akan nolak jika diajak nonton aksi sang idola.

18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop (saungkorea.com)
Endless Browsing Tentang ‘Calon Idola’

4. Kamu makin sulit mengelak kalau faktanya kamu ‘jatuh cinta’ pada sang idola.
Diam-diam kamu research tentang sang idola. Tanggal lahirnya, kisah hidupnya, dan kamu makin sering browsing foto-foto idola baru kamu.

5. Kamu pelan-pelan menunjukkan kekagumanmu pada sang idola.
Temen-temen mungkin meledek kamu. Tapi kamu nggak malu mengakui dan nggak sanggup mengelak. Kamu memang nyatanya ‘terlanjur’ suka sama bintang asal Korea ini.

kpopers (saungkorea.com)
Official File Holder Baekhyun

6. Kamu nabung buat beli barang berbau idola.
Album, photobook, DVD, atau kaos, ransel, tempat pensil, phone case, apapun yang berhubungan sama bias atau grup dimana bias kamu bernaung.

7. Kamu bakal terus memutar lagu mereka berulang-ulang.
Apalagi saat mereka merilis single/album baru. Kadang kamu nggak mampu menahan ikutan sing-along, padahal kamu seharusnya belajar untuk ujian besok.

8. Kamu bertemu dengan orang-orang yang punya idola yang sama.
Kamu mungkin ‘berebut’ menjadikan sang idola jadi ‘imaginary boyfriend/girlfriend’. Tapi sebenarnya kamu senang menemukan teman yang bisa ‘nyambung’ saat diajak ngobrol soal sang idola.

18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop
Gathering (Dok saungkorea)

9. Kamu pergi ke gathering.

Kumpul dengan pecinta K-pop di daerah kamu. Dapet kenalan baru, dan disana kamu nggak perlu malu menunjukkan sisi ‘fangirl’/’fanboy’ kamu.

10. Kamu bermimpi suatu saat bisa ketemu sang idola.
Kamu berkhayal gimana kalo suatu saat di depan kamu ada dia. Kamu mungkin nyiapin kalimat seperti ‘I’m your Big Fan’. Tapi jika kamu berpikir lebih dalam gimana rasanya ketemu idola, kamu mengerti bahwa kamu mungkin hanya bisa terdiam, bengong, dan terpesona karena kharisma bias kamu.

11. Kamu mulai tertarik soal negara asal bias – Korea.
Kamu mulai bisa ngucapin slang, kata-kata gaul dalam bahasa Korea : Daebak, Eoljjang, dll. Kamu tertarik nyoba makan makanan Korea, dan sedikit-sedikit belajar kebudayaan Korea.

12. Kamu excited banget saat denger berita grup idola/idola kamu bakal ngadain show di Indonesia. Kamu mikir ‘bisa nggak ya aku nonton?’. Bagi kamu yang beruntung, kamu bisa beli tiket konsernya. Tapi jika kamu belum punya tabungan yang cukup, kamu berusaha dapet tiket gratis dengan berburu kuis di sosial media. Siapa tahu, bisa dapet, kan?

18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop (saungkorea.com)
Pengalaman Tak Terlupakan Nonton Konser (Dok Hype.My)

13. Bagi kamu yang akhirnya nonton konser, perjuangan buat ketemu idola bener-bener terbayarkan. Malam itu adrenalin kamu naik. Suara kamu habis, dan badan kamu seolah remuk karena kelelahan. Tapi kamu nggak bakal lupa gimana rasanya melihat idola kamu di dunia ‘nyata’. Di depan mata kamu. Kalo kamu gak bisa dateng, kamu nggak patah semangat. Kamu berdoa supaya kali selanjutnya kamu bisa ikut datang.

14. Perasaanmu campur aduk saat mendengar berita tentang kisah cinta sang idola. Kamu ngerasa iri dengan kekasih sang idola. Tapi kamu tau mustahil kamu bisa menggantikan posisi kekasih dia. Selain itu, kamu ikut seneng jika idola kamu seneng.

15. Jadi penggemar musik k-pop nggak selalu menyenangkan. Di satu titik, kamu mungkin merasa sedih, kaget, dan setengah nggak percaya. Ini terjadi saat grup dimana bias kamu berkarir pecah. Berita di forum-forum online menulis berita tentang pecahnya grup. Banyak komentar netizen membuat banyak asumsi tentang alasan tentang kenapa hal ini bisa terjadi. Kamu nggak ingin menyalahkan manajemen, personel grup, atau siapapun. Kamu hanya ingin situasi membaik. Dan grup idola kamu kembali seperti sebagaimana mestinya. Seperti waktu debut.

18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop (saungkorea.com)
#AKTF (Dok Popseoul)

16. Kamu nggak akan menikmati k-pop dengan cara yang sama lagi. Grup idola kamu pecah.
Dan dapat dipastikan akan ada masa hiatus. Kamu nggak akan melihat masing-masing personel di panggung hiburan selama beberapa waktu. Mungkin enam bulan, satu tahun, dua, atau tiga tahun. Tapi kamu selalu menantikan comeback sang idola. Walau dalam format yang berbeda. Kamu tetap ada untuknya.

17. Mungkin kamu punya grup lain yang kamu sukai seiring dengan waktu berjalan. Tapi kamu nggak pernah lupa bagaimana kamu mengenal k-pop pertama kalinya. Kamu masih ingat lagu k-pop pertama yang kamu suka, MV pertama yang kamu tonton, dan bias pertama kamu. Dan saat kamu mengenang hal itu, kamu sadar bahwa kamu sudah lama ‘mengenal’ k-pop.

18. Dan pada saat yang sama kamu juga tahu bahwa k-pop sudah menemani hari-hari kamu selama ini. Saat kamu sedih, senang, kecewa, kamu selalu punya lagu yang tepat di playlist kamu.

18 Hal Yang Kamu Alami dalam Perjalanan Sebagai Penggemar K-pop (saungkorea.com)
Listen To K-pop (Dok easyeartraining)

19. Pada akhirnya, kamu nggak peduli lagi dengan stereotipe penggemar k-pop. Kadang orang menggeneralisasi kalau penggemar k-pop itu fanatik. Apapun kata orang lain, yang jelas kamu tetap senang mendengarkan lagu k-pop.

Mana yang kamu rasakan paling cocok dengan dirimu?
Tag teman yang pertama kali mengenalkan kamu pada k-pop. Tag juga teman yang selalu kamu ajak bicara soal idola.

Semoga hari kamu menyenangkan 🙂

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *